29 May 2017

Komen-Komen di Medsos itu.... Aduuh...

Sewaktu saya masih muda, zaman masih belum mengenal internet, belum mengenal hp, semua orang menjalani kehidupannya dengan keramahan dan kesantunan ala orang timuran. Yang muda tak pernah berani berkata kasar pada yang tua dan yang tua menghargai yang muda. Gotong royong masih terlihat jelas dimana-mana. 
Setelah itu, era berkembang. Dunia mengenal HP, mengenal internet, Pak Larry Page dan Sergey Brin mendirikan GOOGLE, Pak Mark Elliot Zuckerberg mencipta FACEBOOK, Pak Tim Berners Lee menemukan WORLD WIDE WEB (WWW) atau orang biasa menyebutnya dgn Website, dll, para balita sampai nenek-nenek bisa saling terhubung ke manapun dibelahan bumi ini. Balita bisa menjadi Tua dan yang Tua bisa jadi remaja.
Curhat, Jualan, Pamer Foto, Gosip, komen, berkata kasar, semua bisa. lengkap tersedia.
Manusia yang dulunya tabu berkata kasar, atau takut berbohong, sekarang masa bodoh.
Kebenaran jadi pertimbangan nomor ke sepuluh ribu.
.
Kita seolah mengikuti perkembangan, menjadi modern tapi sebenarnya semakin lupa dengan etika bahkan keyakinan bahwa sekecil apapun perbuatan pasti dimintai pertanggung jawaban.
.
Saat ini semua orang jadi benar, semua orang menjadi hakim, semua orang menjadi hebat. Kita lebih suka menyalahkan orang lain daripada memastikan diri sendiri sudah benar.
.
komen-koment di Medsos itu aduuuuh, seperti itu kah keramahan dan kesantunan masyarakat Indonesia sekarang ??
.
*dariku AL

0 komentar: